penyakit paru-paru akibat asap rokok

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiP63hJ7JadapducCBVydov5uWS2OGDbO9tZnpgSu8XA8-TFTHi-OimQ1MQjsFoqCVV_eG1ZSO1eKl31AxcM26dAM7ErsVR2C_6ItdQW8D8f2poiTShHuLI3kECKa1h6bCx63gEkOfaR2I/s1600/flek+paru+2.jpg
penyakit paru-paru akibat asap rokok -
Penyakit flek paru-paru bisa menyerang siapa saja dan masih menjadi momok bagi dunia kesehatan negara kita, namun tidak perlu khawatir karena penyakit TBC paru ini merupakan salah satu penyakit infeksi yang bisa disembuhkan dengan pengobatan yang teratur. Penularannya juga dapat dicegah jika penderitanya mengetahui bagaimana cara untuk tidak menularkan penyakit itu. Untuk lebih jelasnya mari kita simak sejumlah informasi berikut ini mengenai penyakit flek paru-paru!

Flek paru dalam bahasa medis dinamakan tuberkulosis / TB paru. Salah satu gejala TB paru adalah penurunan berat badan yang cukup drastis. Selain itu gejala TB paru lainnya yaitu batuk lama lebih dari 3 minggu, batuk berdarah, nafsu makan menurun, keringat malam, nyeri dada, sesak napas, dan mudah lelah.

Tanda dan Gejala Flek Paru-Paru

Batuk lama
Gejala pertama dan cukup sering dikeluhkan oleh penderita flek paru-paru adalah batuk-batuk yang lama (batuk-batuk selama 3 minggu atau lebih). Banyak penyakit yang berhubungan dengan paru-paru memiliki gejala berupa batuk, contohnya seperti kanker paru-paru, paru-paru basah, dan juga flek paru-paru ini. Gejala batuk yang dialami oleh pasien flek paru-paru diakibatkan oleh iritasi bronkus (salah satu cabang besar dari trakea yang dilalui udara menuju dan dari paru-paru manusia).

Gejala batuk pada flek paru-paru ini bisa saja tidak terjadi jika penyakitnya belum mengiritasi bronkus. Gejala batuk yang dialami penderita tuberculosis ini bisa berupa batuk berdahak biasa ataupun batuk berdarah jika kondisi sudah parah, akan tetapi perlu diingat bahwa tidak semua batuk berdarah disebabkan oleh infeksi tuberculosis paru sehingga anda tetap perlu melakukan pemeriksaan guna memastikannya.

Sesak nafas
Gejala berikutnya dari flek paru-paru yang sering dikeluhkan oleh penderitanya adalah sesak nafas, dimana keluhan ini menunjukan perkembangan penyakit yang dialami sudah menyebar hampir di seluruh paru-paru dan mengganggu fungsi paru untuk bernafas. Selain itu sesak nafas bisa merupakan tanda bahwa terdapat peradangan pada selaput pembungkus paru-paru yang disebut pleura.

Radang pada pleura oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis cukup sering terjadi dan termasuk dalam gejala ekstra paru (gejala di luar paru-paru) pada tuberculosis. Jika tuberculosis terjadi pada pleura, maka penyakitnya dikenal dengan pleuritis tuberculosa dimana selain sesak nafas pasien juga bisa mengeluhkan nyeri dada saat bernafas pada bagian paru-paru yang mengalami pleuritis tuberculosa.

Demam
Gejala selanjutnya yang sering dikeluhkan adalah demam (panas badan), namun gejala demam yang dirasakan oleh penderita flek paru-paru adalah demam subfebris (demam dengan peningkatan suhu yang tidak terlalu tinggi, hanya berkisar antara 37,3-37,9?C). Demam pada pasien flek paru-paru merupakan gejala umum penyakit infeksi pada tubuh manusia, sehingga tidak bisa dijadikan penegakan diagnosis pada penyakit flek paru ini. Demam yang dialami oleh penderita tuberculosis sering disertai dengan keringat malam yang sangat mengganggu saat sedang tidur.

Penurunan berat badan.
Gejala sistemik yang juga sering dikeluhkan oleh penderita flek paru-paru adalah penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas. Penurunan berat badan merupakan efek dari perkembangan penyakit yang terjadi terus-menerus (kronis) di dalam tubuh penderitanya, selain itu penderita flek paru-paru sering kali merasa tidak bertenaga dan nafsu makan mereka juga menurun yang tentu akan mempengaruhi berat badan.

Berikut adalah informasi mengenai sejumlah pemeriksaan penunjang klinis untuk menegakkan diagnosis penyakit ini.

Pemeriksaan bakteri
Ini merupakan pemeriksaan yang sangat baik untuk memastikan bahwa anda terinfeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bahan pemeriksaan yang digunakan adalah dahak dimana pemeriksaan ini harus dilakukan sebanyak 3 kali, yakni saat pertama kali penderita TBC datang, keesokan paginya dan saat mengantarkan dahak pagi tersebut ke tenaga kesehatan.

Pemeriksaan radiologis
Pemeriksaan radiologis atau foto Rontgen juga merupakan salah satu pemeriksaan penunjang yang bisa digunakan dokter untuk menegakkan diagnosis flek paru-paru ini.

Tes uji Tuberkulin
Pemeriksaan ini sering digunakan didaerah dengan angka kejadian tuberculosis rendah, dimana penderita yang dicurigai menderita TBC akan dilihat reaksinya terhadap kuman Mycobacterium tuberculosis yang sudah dilemahkan dan disuntikkan ke kulit.

Pemeriksaan darah
Pemeriksaan darah rutin sebenarnya bukan merupakan salah satu pemeriksaan yang spesifik untuk menegakkan diagnosis tuberculosis, melainkan digunakan sebagai pendeteksi keberhasilan pengobatan tuberculosis.

Pengobatan Flek Paru-Paru

Seperti sudah disebutkan sebelumnya penyakit flek paru-paru merupakan penyakit yang bisa disembuhkan asalkan penderitanya teratur mengkonsumsi obat. Pengobatan penyakit tuberculosis memang membutuhkan waktu yang lama, berkisar antara 6 hingga 9 bulan, tergantung pada kategori penyakit yang diderita.

De Nature Indonesia - Apotik Online Terbesar di Indonesia
Melayani pengiriman ke seluruh wilayah indonesia (kilat)

Obat kami sudah teruji secara klinis dan telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga aman untuk di konsumsi.

CENTILOS + DETOX PARU + MADU ALAMI Produk De Nature Indonesia untuk menangani penyakit paru. ( Obat Khusus Pesanan )

Obat Kami Aman Karena
  • Punya Ijin Resmi Perusahaan dari Kementrian Kesehatan
  • Ijin BPOM, yang artinya sudah lulus uji stabilitas Produk
  • Sertifikat Halal MUI, sehingga kehalalannya bisa di pertanggungjawabkan
  • Apoteker Yang berpengalaman
  • Sudah melewati Proses Sortir Bahan Baku, Guna Menjaga Mutu Produk
  • Proses Produksi Sesuai Alur CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional Yang Baik Dan Benar)

De Nature Indonesia - Apotik Online Terbesar di Indonesia
Melayani pengiriman ke seluruh wilayah indonesia (kilat)

0877 2451 6111 (call/sms)
0821 3861 5111 (call/sms/whatsApp)

CV. DeNature Indonesia 
Jln. Raya Pahonjean
Perum Cendana Asri No. 08-09
Majenang Cilacap 53257
Jawa Tengah

Ling terkait: penyakit paru-paru basahpenyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteripenyakit paru-paru menahun dapat disebabkan oleh

Posting Komentar